Translate
Kamis, 24 Oktober 2013
Makalah Java
MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Pernyataan Switch dan Manfaat Java
Disusun Oleh :
Nama : Rina Puji MAkrifah
NIM : 1102412004
Rombel : 2 (kamis, 09.00-10.40)
Jurusan : Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang
2013
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pada era sekarang ini hampir semua kebutuhan seseorang tersedia didalam komputer. Tidak hanya itu komputer dapat dijadikan sebagai sarana belajar berbasis e-learning. Didalam komputer terdapat berbagai perangkat yang mendukung berjalannya sebuah program. Perkembangan teknologi saat ini juga mengikutsertakan perkembangan perangkat lunak. Perangkat lunak adalah satu bagian yang tak terpisahkan dari system computer saat ini. salah satunya adalah bahasa pemrograman java.
Bahasa pemrograman java adalah bahasa yang powerfull yang bisa digunakan dalam hampir semua bentuk pengembangan software. Java dapat digunakan untuk membuat game, aplikasi desktop, aplikasi web, aplikasi enterprise, aplikasi jaringan dan lain-lain. Yang menarik adalah bahwa Java bisa digunakan untuk membuat program yang dapat berjalan di atas HP, PDA, dan peralatan yang dilengkapi dengan Java Virtual Machine (JVM).
Dalam makalah ini akan dibahas beberapa informasi tentang bahasa pemrograman java.
2 Rumusan Masalah
a. Bagaimana Sejarah munculnya bahasa pemrograman java ?
b. Apa Pengertian java ?
c. Bagaimana Lingkungan pengembangan Java ?
d. Apa itu Java virtual machine ?
e. Apa itu Java Application Programming Interface(Api) ?
f. Apa itu Java 2 Platform TM ?
g. Bagaimana Pemrograman Berorientasi Objek ?
h. Bagaimana Perkembangan Java dan Aplikasi Java menurut Bidang Komunikasi
i. Mengapa Mempelajari Java
3 Tujuan
a. untuk mengetahui sejarah munculnya bahasa pemrograman java
b. untuk mengetahui pengertian java
c. untuk mengetahui lingkungan pengembangan java
d. untuk mengethaui tentang Java virtual machine.
e. untuk mengetahui tentang Java Application Programming Interface(Api)
f. untuk mengetahui tentang Java 2 Platform TM
g. untuk mengetahui tentang Pemrograman Berorientasi Objek
h. Untuk mengetahui Perkembangan Java dan Aplikasi Java menurut Bidang Komunikasi
i. Mengapa Mempelajari Java
BAB II
PEMBAHASAN
a. Sejarah munculnya bahasa pemrograman java
Bahasa pemrograman Java pertama kali muncul dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dijalankan oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini.
Teknologi baru itu diberi nama “*7″ (Star Seven). Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka.
Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer. Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java. Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemeritaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.
Terjadilah perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape. Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak java”, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.
Versi Awal Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
• Java.lang : Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
• Java.io : Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
• Java.util : Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan
• Java.net : Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan ber komunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
• Java.awt : Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
• Java.applet : Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.
b. Pengertian Java
Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi obyek, . Pemrograman berorientasi obyek merupakan suatu konsep pemrograman dengan mengambil konsep obyek sebagai komponen dasar dari pemrogramannya. Obyek merupakan suatu kesatuan komponen dan struktur yang di dalamnya berisi attribute yang selanjutnya dinamakan dengan member dan method yang merupakan kumpulan fungsional dari suatu obyek. Dapat dikatakan bahwa obyek mempunyai sifat-sifat, yaitu:
Member atau sering juga disebut dengan attribut yang menjelaskan variable, parameter atau keadaan (state) dari suatu obyek.
Method atau sering juga disebut dengan behavior yang menjelaskan perilaku, kegiatan atau kerja dari suatu obyek.
Menulis program berbasis obyek menggunakan bahasa Java dilakukan dengan cara membentuk sebuah class, menentukan variabel member dan menentukan method. Pembentukan class dari suatu obyek ini dinamakan dengan enkapsulisasi. Untuk menggambarkan suatu obyek digunakan suatu diagram yang dinamakan dengan class diagram.
Pada awalnya bahasa pemrograman Java dikhususkan untuk aplikasi berbasis Internet, namun sekarang ini aplikasi-aplikasi Java sudah dapat digunakan untuk tidak hanya berbasis Web saja tetapi dari basis Desktop hingga aplikasi mobile sudah menggunakannya.
c.Lingkungan pengembangan java
Perlu diketahui pentingnya untuk membedakan antara bahasa pemrograman Java, Java Virtual Machine, dan platform Java. Bahasa pemrograman Java adalah bahasa yang digunakan untuk menghasilkan aplikasi-aplikasi Java. Umumnya bahasa pemrograman hanya mendefinisikan sintaks dan perilaku bahasa. Pada saat program Java dikompilasi, ia akan dikonversi ke bentuk bytecode, yang merupakan bahasa mesin yang portable. Selanjutnya, bytecode itu dijalankan di Java Virtual Machine (JVM). Meskipun JVM dapat diimplementasikan langsung pada perangkat keras, namun biasanya diimplementasikan dalam bentuk program perangkat lunak yang mengemulasi mesin (komputer) dan digunakan untuk menginterpretasi bytecode.
Platform dapat didefinisikan sebagai perangkat lunak pendukung untuk aktivitas-aktivitas tertentu. Platform Java sendiri pada prinsipnya berbeda dengan bahasa Java atau JVM. Platform Java adalah himpunan kelas-kelas Java yang sudah didefinisikan sebelumnya dan eksis sejak instalasi Java. Platform Java juga mengacu pada lingkungan runtime atau API (Application Programming Interface) Java.
d. Java Virtual Machine (JVM)
Selanjutnya yaitu, Java Virtual Machine adalah suatu software yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program Java agar dapat dimengerti oleh komputer. Kode program Java tersebut ditulis menggunakan editor teks seperti Notepad, Textpad, Editplus, Jcreator dan lainnya. Java Compiler yang digunakan untuk mengkompilasi kode program Java dirancang untuk menghasilkan kode yang netral terhadap semua arsitektur perangkat keras (hardware) yang disebut sebagai Java Bytecode (*.class). Dan JVM merupakan basis dari Java platform yang menjembatani antara bytecode dengan hardware.
e. Java Application Programming Interface (Java API)
Java API adalah komponen-komponen dan kelas Java yang sudah jadi, yang memiliki berbagai kemampuan. Kemampuan untuk menangani suatu objek, string, angka dan sebagainya.
1. Java Applet adalah program Java yang berjalan di atas browser. Penggunaan applet ini akan membuat halaman HTML lebih dinamis dan menarik.
2. Java Networking
3. Java Database Connectivity (JDBC)
JDBC API ini terdiri dari class dan interface yang ditulis dalam bahasa Java sebagai alat bantu bagi pembuat program (developer) dan menyediakan sekumpulan API untuk mengatur keamanan mengakses database seperti Oracle, MySQL, PostgreSQL, Microsoft SQL Server. Keunggulan API JDBC dapat mengakses sumber data dan berjalan pada semua Platform yang mempunyai Java Virtual Machine (JVM).
4. Java Server Pages (JSP)
JSP yaitu suatu teknologi web berbasis bahasa pemrograman Java dan berjalan pada platform Java. JSP merupakan pengembangan dari Servlet serta merupakan bagian dari teknologi Java 2 Platform, Enterprise Edition (J2EE).
5. Java Card
f. Java 2 Platform TM
a. Java 2 Platform, Standard Edition (J2SE )
Platform ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi Java pada level Personal Computer (PC). Platform ini berisikan class-class inti pada Java dan Graphical User Interface (GUI).
b. Java 2 Platform, Micro Edition (J2METM)
Platform ini biasanya digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi Java pada handheld devices atau perangkat-perangkat semacam handphone, Personal Digital Assistance (PDA) dan PocketPC.
c. Java 2 Platform, Enterprise Edition (J2EETM )
Platform ini berupa paket yang berisi class-class dan interface-interface yang digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi Java berbasis web, seperti class-class Servlet, Java Server Pages (JSP) dan Enterprise JavaBeans (EJB) serta Java CORBA.
d. Java 2 Platform, Micro Edition (J2ME TM)
komponen J2ME terdiri atas Java Virtual Machine (JVM) yang digunakan untuk menjalankan aplikasi Java pada emulator atau handheld device, Java API (Aplication Programming Interface) dan tools lain untuk pengembangan aplikasi Java semacam emulator Java Phone, emulator Motorolla dari J2ME wireless toolkit.
Dalam pengembangan aplikasi wireless dengan Java, J2ME dibagi menjadi dua buah bagian diantaranya ialah bagian configuration dan profile.
1. Lapisan Konfigurasi (Configuration Layer) J2ME mempunyai dua konfigurasi yaitu Connected Limited Device Configuration (CLDC) dan Connected Device Configuration (CDC).
2. Lapisan Profil (Profile Layer)
J2ME mempunyai beberapa profil antara lain :
1. Mobile Iformation Device Profile (MIDP)
2. Foundation Profile (FP)
3. Personal Profile
4. Personal Digital Assistance (PDA) Profile
3. Connected Limited Device Configuration (CLDC) Spesifikasi CLDC adalah sebagai berikut :
1. Mengimplementasikan subset dari J2SE]
2. JVM yang digunakan dikenal dengan nama K-Virtual Machine (KVM)
3. Digunakan pada perangkat handheld dengan ukuran memori terbatas (160-512 Kbytes)
4. Prosesor : 16 Bit atau 32 Bit
Pada bagian ini secara detail CLDC diperlukan untuk pengembangan aplikasi wireless dengan MIDP implementasinya CLDC digunakan untuk program Java pada perangkat keras dengan ukuran memori yang terbatas, pada 160 sampai dengan 512 Kilobyte. Akibatnya, fitur fitur yang kurang penting untuk diimplementasikan dalam handheld device yang bersangkutan dari Java 2 harus dibuang.
g.Pemrograman Berorientasi Objek
Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek atau OOP (Object Oriented Programming). Elemen-elemen dari pemrograman objek ini diantaranya adalah encapsulation, polymorphism dan inherit. Encapsulation merupakan mekanisme pemrograman yang mengikat data dan program bersama-sama dan mengamankannya dari penyalahgunaan dan interferensi dari luar. Melalui objek, data dan kode dapat menjadi private, protected atau public bagi objek tersebut. Seperti yang diketahui kode dan data private hanya dapat diakses oleh bagian dalam dari objek tersebut sedangkan kode dan data protected aksesnya selain dari dalam objek sendiri, dapat diakses oleh objek keturunannya. Kode dan data public dapat diakses oleh objek luar.
Unit dasar dari encapsulation ini adalah class. Class mendefinisikan format dari objek yang akan dibangun sehingga objek merupakan instansi (instance) dari class. Kode dan data merupakan anggota (member) dari class, dimana data disebut members variables atau instance variables sedangkan kode yang mengoperasikan data disebut member methods atau methods. Method dalam java merupakab subrutin atau function.
Polymorphism membolehkan satu interface mengakses general class dalam aksinya. Lebih tepatnya lagi polymorphism merupakan satu interface banyak method. Misalnya suatu method dengan nama yang sama namun memiliki pengoperasian tipe data yang berbeda Inheritance adalah proses dimana suatu objek mendapatkan properti dari objek lain. Konsep ini merupakan hierarchical classification yang diperlukan dalam penurunan sifat suatu objek terhadap objek lain yang menjadi orang tuanya (parent).
Pernyataan Switch tentang java
Pernyataan Switch satu-satunya jenis pernyataan yang mengimplementasikan java multiway percabangan.
• Ketika pernyataan switch dievaluasi, salah satu jumlah cabang pilihan yang berbeda untuk menjalankan cabang
• ditentukan dengan mengendalikan ekspresi yang ditutupi dalam kisaran waktu setelah kata kunci mengkonfirmasi switch ekspresi harus mengevaluasi ke char, int, pendek, atau byte.
• Setiap pernyataan cabang dalam sebuah pernyataan switch diawali dengan kata cadangan, diikuti oleh sebuah konstanta yang disebut label kasus, diikuti oleh titik dua, dan kemudian urutan laporan
• Setiap kasus harus diberi label dengan jenis kasus yang sama perlu mengendalikan ekspresi
• Label tidak terdaftar atau span interval lengkap,
• Tetapi masing-masing dapat terjadi sekali agar setiap laporan dapat diikuti dengan pernyataan istirahat (istirahat;)
Mungkin juga ada bagian berlabel Default:
a. default adalah opsional, dan biasanya berlangsung
b. Bahkan jika kasus label termasuk semua hasil yang mungkin dalam sebuah pernyataan dari switch tertentu, itu masih merupakan praktik yang baik untuk menyertakan bagian default digunakan untuk kesalahan output pesan, misalnya ketika mengendalikan ekspresi lalu dievaluasi, kode untuk label yang nilainya sesuai dengan kasus mengendalikan ekspresi dieksekusi
c. Jika label tidak cocok dengan kasus ini, maka laporan hanya dilakukan oleh mereka dengan mengikuti label default (jika ada satu) Pernyataan Switch berakhir ketika menjalankan sebuah pernyataan istirahat, atau ketika akhir pernyataan switch dicapai.
d. Ketika komputer menjalankan laporan setelah label kasus, terus sampai break tercapai
e. jika melanggar diabaikan, maka setelah melaksanakan kode untuk satu kasus, komputer akan melanjutkan untuk mengeksekusi kode untuk kasus berikutnya
f. Jika break tidak sengaja mengabaikan, compiler tidak akan mengeluarkan pesan kesalahan
Pernyataan Switch
switch (Controlling_Expression)
{
case Case_Label_1:
Statement_Sequence_1
break;
case Case_Label_2:
Statement_Sequence_2
break;
case Case_Label_n:
Statement_Sequence_n
break;
default:
Default_Statement Sequence
break;
}
Operator bersyarat
operator Bersyarat adalah varian notational dari beberapa bentuk pernyataan istilah
a. kata lain disebut juga operator ternary atau aritmetika , contoh
if (n1 > n2) max = n1;
else max = n2;
vs.
max = (n1 > n2) ? n1 : n2;
b. Ekspresi di sebelah kanan operator penugasan adalah operator ekspresi dari ekspresi kondisional Boolean
c. Jika benar, maka ekspresi dievaluasi ke nilai ungkapan pertama (n1), selain untuk mengevaluasi nilai dari ekspresi kedua (n2)
d. Ekspresi Boolean
Ekspresi Boolean adalah ekspresi benar atau salah ekspresi Boolean yang paling sederhana untuk membandingkan nilai dari dua ekspresi <== myScore yourScore waktu batas
e. Catatan bahwa Java menggunakan dua tanda sama dengan (==) untuk pengujian kesetaraan: A sama satu sign (=) digunakan hanya untuk tugas Ekspresi
f. Boolean yang ditutupi dalam kurung tersebut tidak diperlukan, kecuali ia digunakan dalam pernyataan jika Perangkap menggunakan string
g. Kesetaraan operator perbandingan (==) dengan benar dapat menguji dua nilai dari tipe primitif,
h. namun ketika diterapkan pada dua benda sebagai obyek uji String kelas == untuk melihat jika mereka disimpan dalam lokasi memori yang sama, bukan apakah atau tidak mereka memiliki
i. Untuk sedikit nilai tes yang sama dua tali untuk melihat apakah mereka memiliki nilai yang sama, menggunakan metode yang serupa dengan, atau equalsIgnoreCase
string1.equals(string2)
string1.equalsIgnoreCase(string2)
Leksikografis dan urutan abjad
Leksikografis server sama dengan ASCII server, termasuk huruf, angka, dan huruf besar lainnya
a. Semua karakter dalam urutan abjad, dan huruf kecil semua dalam urutan abjad, tetapi huruf kapital semua datang sebelum huruf kecil
b. Jika s1 dan s2 adalah dua variabel jenis String yang telah diberi nilai String, kemudian s1.compareTo (s2) return angka negatif jika datang sebelum s1 s2 dalam rangka leksikografis, kembali nol jika kedua string sama, dan kembali angka positif jika s1 s2
Ketika datang sebelum melakukan perbandingan alfabet dari string (bukan perbandingan leksikografis), yang terdiri atas campuran huruf kecil dan huruf besar, gunakan metode tidak compareToIgnoreCase
Membuat ekspresi Boolean
Ketika dua ekspresi yang dikombinasikan dengan menggunakan Boolean "dan" (& &) operator, seluruh ekspresi benar memberikan dua ekspresi benar
a. jika ekspresi salah
• Ketika dua ekspresi yang dikombinasikan dengan menggunakan Boolean "atau" (| |) operator, yang seluruh ekspresi benar selama satu ekspresi yang benar
b. dari istilah ini adalah salah hanya jika kedua ekspresi palsu Setiap ekspresi Boolean dapat menegasikan menggunakan!
c. Tempat operator ekspresi dalam tanda kurung dan tempat!
Tidak seperti operator di depan notasi matematika, string dari pertidaksamaan harus bergabung oleh & &
d. Gunakan (min =2)) . . .
Kadang-kadang lebih baik untuk selalu mengevaluasi kedua ekspresi, yaitu permintaan untuk evaluasi yang lengkap
c. Dalam hal ini, menggunakan & dan | operator daripada & & dan | |
Pendahuluan dan peraturan Associativity
Boolean dan ekspresi aritmatika tidak perlu sepenuhnya kurung Jika beberapa atau semua tanda kurung dihapus, Java akan mengikuti preseden dan aturan associativity (diringkas dalam tabel berikut) untuk menentukan urutan operasi
a. jika satu operator terjadi lebih tinggi dalam tabel dari siapapun lain, memiliki hak yang lebih tinggi dan dikelompokkan dengan operan sebelum hak operator rendah
b. Jika dua operator memiliki hak yang sama, maka aturan associativity untuk menentukan yang dikelompokkan pertama
mengevaluasi ekspresi
Secara umum, kurung dalam ekspresi dapat untuk membantu dokumen programmer
a. Daripada mengandalkan aturan protokoler dan associativity, yang terbaik adalah memasukkan tanda kurung siku, kecuali arti yang diinginkan jelas
• Binding: Hubungan dari operan dengan operator mereka
b. ekspresi kurung menyelesaikan dan sepenuhnya mengikat untuk semua operator dalam ekspresi
• Side Effects: Bila, selain untuk nilai-nilai, ekspresi mengubah sesuatu, seperti nilai-nilai dari variable
c. tugas, meningkatkan dan operator penurunan semua menghasilkan efek samping
Aturan untuk mengevaluasi ekspresi
• Tentukan setara
a. sepenuhnya melakukan ekspresi mengikat menggunakan kurung yang benar dan aturan associativity Prosiding kiri ke kanan, mengevaluasi apa yang bisa segera dievaluasi subexpressions
b. subexpressions atau metode argumen, misalnya, evaluasi konstan atau variabel numeric untuk setiap operasi asing dan metode permintaan sesegera semua operator (argumen yaitu) telah dievaluasi
Pengulangan
• Loop di Java sama dengan dalam bahasa tingkat tinggi lain java memiliki tiga jenis laporan loop: Sementara itu, sementara agenda, dan melaporkan
a. kode berulang dalam satu lingkaran loop disebut tubuh disebut tubuh
b. masing-masing loop-loop iterasi putaran
Pernyataan While
• Sebuah pernyataan yang sementara digunakan untuk mengulang bagian dari kode tersebut (yaitu, tubuh loop) berdasarkan evaluasi ekspresi
a. ekspresi Boolean Boolean diperiksa sebelum tubuh loop dijalankan ka salah, tubuh loop tidak dijalankan sama sekali
b. sebelum pelaksanaan setiap loop iterasi berikut tubuh, ekspresi Boolean diperiksa kembali
Ø Jika itu benar, tubuh loop dijalankan lagi
Ø Jika salah, pernyataan itu mengakhiri loop
c. tubuh loop dapat terdiri dari sebuah pernyataan tunggal, atau pernyataan yang ditutupi dalam sepasang kurung (())
Pernyataan Do- while
• Do- while pernyataan yang digunakan untuk menjalankan beberapa kode (misalnya, tubuh loop), kemudian ulangi berdasarkan evaluasi ekspresi Boolean
a. dari tubuh loop dieksekusi sedikitnya satu kali dalam ekspresi
Ø Boolean diperiksa setelah tubuh loop dijalankan adalah ekspresi Boolean diperiksa setelah setiap iterasi dari tubuhar, tubuh loop dijalankan lagi palsu, pernyataan loop ujung lupa untuk meletakkan titik koma setelah ekspresi Boolean Sebagai laporan sementara, tubuh loop dapat terdiri dari pernyataan tunggal, atau pernyataan yang ditutupi dalam sepasang tanda kurung (())
Algoritma dan kode pseudo
Bagian yang sulit untuk memecahkan masalah dengan program komputer tidak berurusan dengan aturan sintaks bahasa pemrograman Sebaliknya, ia datang dengan metode solusi yang mendasari adalah bagian paling sulit algoritma adalah satu set instruksi yang tepat yang mengarah ke solusi.
a. algoritma biasanya ditulis dalam pseudo, yang merupakan campuran bahasa pemrograman dan bahasa manusia, seperti bahasa Inggris
b. Pseudocode harus tepat dan cukup jelas sehingga seorang programmer yang baik dapat dikonversi menjadi sintaktis kode yang benar,
c. bagaimanapun, adalah jauh lebih kaku daripada kode pseudo : Orang tidak perlu khawatir tentang poin sintaksis atau negara bagian variabel, misalnya
Pernyataan For
Untuk klaim yang paling sering digunakan untuk langkah melalui variabel integer tahap yang sama diawali dengan kata kunci for, diikuti dengan tiga ekspresi dalam kurung yang menjelaskan apa yang harus dilakukan dengan satu atau lebih variabel untuk mengontrol
a. ekspresi pertama memberitahu bagaimana variabel kontrol atau variabel diinisialisasi atau dideklarasikan dan diinisialisasi sebelum iterasi pertama
b. ekspresi kedua menentukan waktu loop harus berakhir, berdasarkan evaluasi ekspresi Boolean sebelum setiap iterasi
c. ekspresi ketiga menceritakan bagaimana variabel kontrol atau variabel akan diperbarui setelah setiap tubuh loop iterasi
Pernyataan syntax for
for (inisialisasi; Boolean_Expression; Update) Badan
•Pengawas dapat terdiri dari pernyataan tunggal atau daftar laporan tertutup dalam sepasang tanda kurung (())
•Perhatikan bahwa tiga ekspresi kontrol dipisahkan oleh dua,, bukan tiga titik koma
•Perhatikan bahwa ada tidak ada titik koma setelah kurung tutup pada awal loop
Tanda koma dari pernyataan for
• for loop dapat berisi beberapa inisialisasi tindakan dipisahkan oleh koma
a. Perhatian harus digunakan ketika menggabungkan sebuah deklarasi dengan beberapa tindakan
b. ini ilegal untuk menggabungkan beberapa jenis deklarasi dengan beberapa tindakan, seperti
c. Untuk menghindari masalah yang mungkin, yang terbaik adalah untuk menyatakan semua variabel luar pernyataan for
•A untuk loop dapat berisi tindakan memperbarui beberapa, dipisahkan dengan koma juga Hal ini bahkan dimungkinkan untuk menghilangkan tubuh loop di jalan,
•namun, untuk loop hanya dapat berisi satu ekspresi Boolean untuk menguji loop akhir
Contoh program import java.util.Scanner;
public class coba
{
public static void main(String args[])
{
Scanner input = new Scanner(System.in);
int barang,pilihan,banyak,harga;
System.out.println("LPKIAMART");
System.out.println("selamat datang selamat berbelanja");
System.out.println("1. ice cream magnum");
System.out.println("2. susu ultra");
System.out.println("3. pulpy orange");
System.out.println("4. lays keripik kentang");
System.out.println("5. coca cola");
System.out.println("6. sari roti sandwich");
System.out.print("masukan barang yang anda pilih : ");
barang = input.nextInt();
switch(barang)
{
case 1 : System.out.println("nama barang : ice cream magnum");
System.out.println("harga satuan : 8.500");
System.out.print("berapa banyak yang akan anda beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 8500;
System.out.print("Total harga : ");
System.out.println(harga);
break;
case 2 : System.out.println("nama barang : susu ultra");
System.out.println("harga satuan : 4.500");
System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 4500;
System.out.print("total harga : ");
System.out.println(harga);
break;
case 3 : System.out.println("nama barang : pulpy orange");
System.out.println("harga satuan : 6.500");
System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 6500;
System.out.print("total harga : ");
System.out.println(harga);
break;
case 4 : System.out.println("nama barang : lays keripik kentang");
System.out.println("harga satuan : 7.500");
System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 7500;
System.out.print("total harga : ");
System.out.println(harga);
break;
case 5 : System.out.println("nama barang : coca cola");
System.out.println("harga satuan : 5.000");
System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 5500;
System.out.print("total harga : ");
System.out.println(harga);
break;
case 6 : System.out.println("nama barang : sari roti sandwich");
System.out.println("harga satuan : 2.500");
System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 2500;
System.out.print("total harga : ");
System.out.println(harga);
break;
}
}
}
public static void main(String args[ ] ) String[ ] args : method main menerima variable dengan nama args, bertipe String. Tanda [ ] menunjukkan args adalah variable array.
system.out.println( ) : menampilkan teks yang diapit “ “ ke layar. Jangan lupa memberi tanda ;
nextInt() untuk membaca inputan integer
{ : menandai dimulainya isi class tesProgram sedangkan, } : menutup isi class.
Bentuk dari Switch-case merupakan pernyataan yang dirancangan khusus untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif penyelesaian. Pernyataan switch - case ini memiliki kegunaan sama seperti if – else bertingkat.
break adalah perintah untuk mengakhiri statement. Apabila tidak ada break, komputer akan mengeksekusi intruksi yang berada di bawahnya walaupun berada di case yang berbeda.
j. Fitur – Fitur Java yang Menarik
Beberapa fitur yang ditawarkan Java API antara lain sebagai berikut :
a. Applet
Program Java yang dapat berjalan di atas browser, yang dapat membuat halaman HTML lebih dinamis dan menarik.
b. Java Networking
Sekumpulan API (Application Programming Interface) yang menyediakan fungsi – fungsi untuk aplikasi – aplikasi jaringan, seperti penyediaan akses untuk TCP, UDP, IP Adrress dan URL. Tetapi Java Networking tidak menyediakan akses untuk ICMP dikarenakan alasan sekuriti dan pada kondidi umum hanya administrator ( root ) yang bisa memanfaatkan protokol ICMP.
c. Java Database Connectivity (JDBC)
JDBC menyediakan sekumpulan API yang dapat digunakan untuk mengakses database seperti Oracle, MySQL, PostgreSQL, Microsoft SQL Server.
d. Java Security
Java Security menyediakan sekumpulan API untuk mengatur security dari aplikasi Java baik secara high level atau low level, seperti public/private key management dan certificates.
e. Java Swing
Java Swing menyediakan sekumpulan API untuk membangun aplikasi – aplikasi GUI (Graphical User Interface) dan model GUI yang diinginkan bisa bermacam – macam, bisa model Java, model Motif/CDE atau model yang dependent terhadap platform yang digunakan.
f. Java RMI
Java RMI menyediakan sekumpulan API untuk membangun aplikasi – aplikasi Java yang mirip dengan model RPC (Remote Procedure Call) jadi object - object Java bisa di call secara remote pada jaringan komputer.
g. Java 2D/3D
Java 2D/3D menyediakan sekumpulan API untuk membangun grafik – grafik 2D/3D yang menarik dan juga akses ke printer.
h. Java Server Pages
Berkembang dari Java Servlet yang digunakan untuk menggantikan aplikasi – aplikasi CGI, JSP (Java Server Pages) yang mirip ASP dan PHP merupakan alternatif terbaik untuk solusi aplikasi Internet.
i. JNI (Java Native Interface)
JNI menyediakan sekumpulan API yang digunakan untuk mengakses fungsi – fungsi pada library (*.dll atau *.so) yang dibuat dengan bahasa pemrograman yang lain seperti C,C++, dan Basic.
j. Java Sound
Java Sound menyediakan sekumpulan API untuk manipulasi sound.
k. Java IDL + CORBA
Java IDL (Interface Definition Language) menyediakan dukungan Java untuk implementasi CORBA (Common Object Request Broker) yang merupakan model distributed-Object untuk solusi aplikasi besar di dunia networking.
l. Java Card
Java Card utamanya digunakan untuk aplikasi – aplikasi pada smart card, yang sederhana wujudnya seperti SIM Card pada handphone.
m. JTAPI (Java Telephony API)
Java Telepony API menyediakan sekumpulan API untuk memanfaatkan devices – devices telepony, sehingga akan cocok untuk aplikasi – aplikasi CTI (Computer Telephony Integration) yang dibutuhkan seperti ACD (Automatic Call Distribution), PC- PBX dan lainnya. dalamnya.
h. Mengapa Mempelajari Java
Berdasarkan white resmi dari SUN, Java memiliki karakteristik sebagai berikut :
a. Sederhana
Bahasa pemrograman Java menggunakan sintaks mirip C++ namun sintaks pada Java telah banyak diperbaiki terutama menghilangakn pengguanaan pointer yang rumit dan multipleinhritance. Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.
b. Berorientasi obyek (obyek oriented)
Java menggunakan pemrograman berorientasi obyek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi obyek memodelkan dunia nyata ke dalam obyek dan melakukan interaksi antar obyek-obyek tersebut.
c. Terdistribusi (Distributed)
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya liberries netwoking yang terintegrasi pada Java.
d. Interpreted
Program Java dijalankan menggunakan interpreted yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
e. Robust
Java menpunyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handing untuk membantu mengatasi error pada pemrograman.
f. Secure
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
g. Architecture Neutral
Program Java merupakan platform independent. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform berbeda dengan Java Virtual Machine.
h. Portable
Source code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.
i. Performance
Performance pada Java sering dikatakan kurang tinggi. Namun performance Java dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi Java lain seperti buatan inprise, Microsoft ataupun Symantec yang menggunakan Just In Time Compilers (JIT).
j. Multitheaded
Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.
k. Dynamic
Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa menggangu program yang menggunakan class tersebut.
i. Perkembangan Java dan Aplikasi Java menurut Bidang Komunikasi
Java telah sukses dikembangkan di berbagai bidang sejak awal pertama kali muncul hingga saat ini. Bahasa Java dalam perkembangannya memegang teguh filosofi sehingga diminati oleh banyak programmer di dunia. Hal yang membuat bahasa Java semakin diminati adalah ketika berbagai device mendukung java dengan J2ME, sehingga banyak praktisi yang berusaha menguasai Java untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di berbagai Mobile Device, PDA, dan Embedded System. Perkembangan Java saat ini hingga menjadi 4 platform utama, yaitu Java Card, Java Micro Edition, Java Standard Edition, dan Java Enterprise Edition.
1. Aplikasi Web
Hal yang umum bahwa aplikasi web saat ini sangat umum digunakan khalayak IT, tidak hanya praktisi tapi juga khalayak umum apalagi dengan adanya social networking di dunia maya melalui browser. Hal ini mungkin dikarenakan manusia merupakan makhluk social sehingga dengan adanya social networking di dunia maya membuat masyarakat umum banyak menggunakan internet sebagai media komunikasi. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mendukung aplikasi web karena memang java dibuat untuk memberikan solusi untuk aplikasi yang berbasis jaringan.
Diantaranya yang mendukung aplikasi web adalah
- Applet
- Java (untuk aplikasi web berbasis server)
- CORBA (untuk aplikasi terdistribusi)
Selain itu Java juga memiliki SDK (Software Development Kit) yaitu J2EE (Java 2 Enterprise Edition)
2. Java Web services
Merupakan aplikasi web berbasis interprise yang mengunakan standart XML dan protocol tertentu dalam bertukar data dengan klien.Teknologi ini meliputi beberapa API yang dirancang untuk bekerja dengan XML seperti Jsva API for XML Based RPC (JAX-RPC), Java API for XML based messaging (JAXM),Java API for XML Processing (JAXP) dan Java API for XML Binding (JAXB).
Penerapan pada Android
Sistem Android saat ini menggunakan Java didalamnya, dimana lapisan di atas kernel adalah Android runtime, termasuk mesin virtual Dalvik (Dalvik VM) dan Java Library. Dalvik VM adalah implementasi Java dari Google, dioptimalkan untuk perangkat mobile. Semua kode yang Anda tulis untuk Android akan ditulis di Java dan dijalankan dalam Virtual Machine. Dalvik berbeda dari Java tradisional dalam dua hal penting:
• Dalvik VM menjalankan .dex file, yang dijabarkan pada waktu kompilasi dari standar file .class dan .jar. File .dex adalah lebih kompak dan efisien daripada file .class, suatu pertimbangan penting untuk memori terbatas dan perangkat bertenaga baterai yang berbasis Android.
• Pustaka Java core yang datang dengan Android berbeda dari pustaka Java Standard Edition (Java SE) dan Java Mobile Edition (Java ME).
Penerapan Java
1. m-commerce
E-commerce lebih identik dengan transaksi jual-beli barang dan jasa secara online, online shop, dan bisnis lain yang dilakukan melalui internet. Transaksi bisa berupa B2B (Business to Business) maupun B2C (Business to Customer). E-Commerce tidak hanya dilakukan di dalam browser namun juga dilakukan di dalam perangkat mobile yang biasa disebut dengan mobile commerce. Mobile Commerce biasa menggunakan aplikasi berbasis java dalam penerapannya, bahkan browser pada mobile juga banyak yang menggunakan platform java missal yang banyak digunakan adalah Opera Mini.
Jumlah pengguna ponsel pada umumnya lebih banyak ketimbang pengguna internet melalui PC/laptop sehingga pelanggan melalui ponsel lebih banyak bisa dijangkau daripada pengguna yang tidak menggunakan ponsel. Dengan banyaknya pengguna ponsel ini maka semakin besar peluang untuk pengguna ponsel melakukan transaksi jika ponsel mereka bisa bisa digunakan untuk E-Commerce, maka m-commerce semakin banyak dikembangkan karena potensinya yang cukup besar. Contoh aplikasi telah dikembangkan adalah mobile banking, aplikasi untuk transaksi saham,pelelangan barang dan lain sebagainya. Namun pengembangan aplikasi ini tidak terlepas dengan keamanan yang didukung oleh aplikasi tersebut. Oleh karena itu platform yang banyak digunakan adalah WAP dan Java ME baik melalui teknologi seperti Circuit Switched Data (CSD) atau General Packet Radio Service (GPRS).
2. Social Networking
Seperti dijelaskan di atas, manusia merupakan makhluk social yang membutuhkan interaksi dengan sesame. Dengan bahasa Java dimungkinkan untuk membuat aplikasi social networking yang memenuhi kebutuhan user dalam berinteraksi melalui device (tanpa suara tentunya).
Contoh terbaru adalah kerjasama antara Facebook dan Snaptu dalam menghasilkan sebuah aplikasi berbasis java. Konsepnya akan seperti Facebook Zero. Pengguna akan bisa mempergunakan aplikasi ini secara gratis 90 hari tanpa perlu dibebani data akses. Namun karena gratis maka hanya bisa dipergunakan di operator yang bekerjasama dengan Facebook.
Layanan ini baru tersedia di beberapa negara. Sayangnya operator di Indonesia belum ada yang mendukung layanan ini.
Aplikasi ini mirip dengan Facebook di Snaptu sebelumnya. Bisa untuk update status, komentar, melihat foto dll. Alamat untuk mengunduh adalah di m.fb.snaptu.com/f.
3. Games
Penerapan Java pada games saat ini sudah sangat luas, terutama pada ponsel dan android. Game java dapat diunduh dimana saja dan sebagian telah mendukung grafis 3D. Dengan dukungan J2ME pada ponsel memungkinkan game berbasis java dan mesin virtual Dalvik pada Android.
BAB III
PENUTUP
a. Kesimpulan
Bahasa pemrograman adalah suatu komando atau perintah yang dibuat manusia untuk membuat komputer menjadi memiliki fungsi tertentu. Salah satu bahasa pemrograman yang cukup terkenal adalah Java. Bahasa pemrograman java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Java muncul pada tahun 1991, sejak pertama kali muncul java terus dikembangkan sehingga menjadi salah satu bahasa pemrograman terfavorit sampai saat ini. Dalam pengembangannya java dibagi menjadi dua bagian besar yang memang berbeda, dua bagian itu adalah Java Virtual Machine dan Platform Java.
Seiring dengan berkembangnya java, Sun sebagai pemilik lisensi java mendefinisikan 3 (tiga) edisi Java, ketiga edisi itu adalah J2ME (Java 2 Micro Edition), J2SE (Java 2 Standard Edition), J2EE (Java 2 Enterprise Edition). Salah satu keunikan java adalah versinya yang dirilis oleh dua pihak, pertama adalah pihak resmi dan pihak lain adalah para developer.
Java memiliki banyak kelebihan dibanding bahasa pemrograman lainnya. Kelebihan java yang paling menonjol adalah multiplatform, karena bahasa pemrograman lainnya hanya bisa berjalan diplatform tertentu saja. Namun setiap kelebihan pasti selalu diikuti dengan kekurangan, salah satu kekurangan java adalah java mudah didekompilasi atau pembalikan kode jadi menjadi kode sumber.
Selain itu Java mempunyai mempunyai banyak fasilitas yang menarik yang membuatnya digemari banyak orang. Adapun karakteristik java yang cukup menonjol yaitu sederhana dan dinamis. Dalam kesehariannya java mulai digunakan di berbagai bidang, seperti bidang komunikasi dan dunia jaringan, dalam dunia pendidikan java sudah mulai digunakan untuk model pendidikan jarak jauh.
b. Saran
Java yang merupakan bahasa pemrograman modern harusnya banyak dikenalkan pada masyarakat agar pemanfaatan java tidak hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu saja. Pengenalan java pada para pengembang atau yang lain sebenarnya akan lebih membantu bidang-bidang yang bersangkutan, jadi disini yang harusnya menjadi fokus adalah pengenalan java kepada masyarakat sehingga java banyak dimanfaatkan dan akan banyak inovasi muncul dari masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
http://anantakun.wordpress.com/2011/03/03/penerapan-bahasa-pemrograman-java-di-masa-sekarang/ 12 oktober 2013, pukul 09.12
http://id.wikipedia.org/wiki/Java 12 oktober 2013, pukul 09.24
http://www.angelfire.com/hero/alphons/Java.html 12 oktober, pukul 09.40
http://hanyadhianamaryani.blogspot.com/2013/02/contoh-makalah-pemprograman-java-c.html 11 oktober 2013, pukul 10.07
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar