1.Pengertian Media Dua Dimensi
Media dua dimensi adalah
sebutan umum untuk alat peraga yang hanya memiliki ukuran panjang dan
lebar yang berada pada satu bidang datar. Media pembelajaran dua dimensi
meliputi media grafis, media bentuk papan, dan media cetak
Media
Grafis adalah suatu penyajian secara visual yang menggunakan titik-titik,
garis-garis, gambar-gambar, tulisan-tulisan atau simbol yang lain dengan maksud
untuk menggambarkan dan merangkum suatu ide, data atau kejadian.
Media
Bentuk Papan disini terdiri dari papan tulis,papan tempel, papan magnet dan
papan flanel..
Media Cetak adalah meliputi bahan-bahan yang disiapkan di atas
kertas untuk pengajaran dan informasi yang di hasilkan dari teknologi cetak.
2. Jenis-jenis
Media Dua Dimensi
Klasifikasi
media dua dimensi terbagi menjadi 3 bagian yaitu Media Grafis, Media Bentuk Papan dan Media Cetak dimana pada
masing-masing bagian memiliki bermacam-macam media, meliputi:
1. Media Grafik
·
Gambar/Foto
·
Sketsa
·
Diagram
·
Bagan/chart
·
Grafik (Graphs)
·
Kartun
·
poster
·
Peta dan Globe
2. Media Bentuk Papan
·
Papan Tulis
·
Papan Flannel/ Flanel Board
·
Papan Bulletin/ Bulletin Board
·
Papan magnet atau white board atau magnetik board
3.Media Cetakan
·
Buku Pelajaran
·
Surat kabar dan majalah
·
Teks Terprogram
Ø Karakteristik Media Dua Dimensi
Ø Media
grafik
1.
Gambar/foto
Gambar/foto disini harus memenuhi 6 syarat
supaya dapat dijadikan media pembelajaran yang baik, yaitu
a.
Harus autentik
artinya gambar tersebut haruslah secara jujur melukiskan situasi
seperti kalau orang melihat benda sebenarnya.
b.
Sederhana
artinya komposisisnya hendaklah cukup jelas
menunjukkan point-point pokok dalam gambar
.
c.
Ukuran relative
artinya gambar/foto dapat membesarkan atau
memperkecil objek/benda sebenarnya.
d. Gambar/foto sebaiknya mengandung gerak atau perbuatan.
Gambar yang baik tidaklah menunjukkan objek dalam keadaan diam tetapi
memperlihatkan aktivitas tertentu.
e. Gambar yang bagus belum tentu baik untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Walaupun dari segi mutu kurang, gamabar/foto
karya siswa sendiri seringkali lebih baik
f. Tidak setiap gambar yang bagus merupakan media
bagus. Sebagai media yang baik, gambar hendaklah bagus dari sudut seni dan
sesuaia dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
2.
Sketsa
gambar
dalam sketsa harus sederhana dan harus melukiskan bagian-bagian pokoknya tanpa
detail.
3.
Diagram
Beberapa
ciri diagram yang perlu diketahui adalah:
1. diagram bersifat simbolis dan abstrak sehingga
kadang sulit dimengerti.
2. untuk dapat membaca diagram seseorang harus
mempunyai latar belakang tentang apa saja yang didiagramkan.
3. walaupun sulit dimengerti karena sifatnya yang
padat, diagram dapat memperjelas arti.
Diagram
yang baik sebagai media pendidikan adalah yang:
1. benar, digambar rapi, diberi titel, label dan
penjelasan- penjelasan yang perlu.
2. cukup besar dan ditempatkan secara strategis dan
3. penyusunannya disesuaiakan dengan pola membaca
yang umum: dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.
4.
Bagan/chart
Sebagai
media yang baik, bagan haruslah:
1. dapat dimengerti anak
2. sederhana dan lugas, tidak rumit atau
berbelit-belit dan
3. diganti pada waktu-waktu tertentu agar selain
tetap termasa (up to date)
juga tak kehilangan daya tarik.
5.
Grafik (graph)
Sebagai
media pendidikan grafik dapat dikatakan baik kalau memenuhi ketentuan sebagai
berikut:
1. Jelas untuk dilihat oleh seluruh kelas.
2. Hanya menyajikan satu ide setiapa grafik.
3. Ada jarak/ruang kosong antara kolom-kolom
bagiannya.
4. Warna yang digunakan harus kontras dan harmonis.
5. Berjudul dan Ringkas
6. Sederhana.
7. Mudah dibaca
8. Praktis, mudah diatur.
9. Menggambarkan kenyataan.
10. Menarik.
11. Jelas dan tak memerlukan informasi tambahan.
12. Teliti.
6.
Kartun
gambar
interpretatif yang menggunakan simbol-simbol dansifatnya mengena, pesan yang
besar bisa disajikan secara ringkas dan kesannya akan tahan lama di ingatan.
7.
Poster
Secara
umum, poster yang baik adalah:
1. sederhana
2. menyajikan satu ide dan untuk mencapai satu
tujuan pokok
3. berwarna
4. slogannya ringkas dan jitu
5. tulisannya jelas
6. motif dan disain bervariasi
8.
Peta dan Globe
secara
khusus peta dan globe tersebut memberikan informasi tentang:
1)
keadaan permukaan bumi, daratan, sungai-sungai, gunung-gunung dan bentuk-bentuk
daratan serta perairan lainnya
2) tempat-tempat
serta arah dan jarak dengan tempat yang
lain
3) data-data
budaya dan kemasyarakatan seperti misalnya populasi atau pola bahasa/adat
istiadat dan
4)
data-data ekonomi, seperti misalnya hasil pertanian, industry atau perdagangan
internasional.
Ø Media
Cetakan
media cetak memiliki ciri-ciri materinya tertulis di atas
lembaran-lembaran kertas dan merupakan hasil dari teknologi cetak
4. Kelebihan
dan Kekurangan Media Dua Dimensi
A.
Gambar/Foto
Kelebihan
media gambar/foto antara lain:
1. Sifatnya konkrit. Gambar/foto lebih realitas
menunjukkan pokok masalah dibandingkan dengan media verbal semata.
2. Gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu.
3. Media gambar/foto dapat mengatasi keterbatasan
pengamatan kita.
4. Dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang
apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja, sehinggadapat mencegah atau
membetulkan kesalahfahaman.
5. Murah harganya dan gampang didapat serta
digunakan tanpa memerlukan peralatan khusus.
Kekurangan
media gambar/foto antara lain:
a.
Gambar/foto hanya menekankan persepsi indera mata.
1. Gambar/foto benda yang terlalu kompleks kurang
efektif untuk kegiatan pembelajaran.
2. Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.
2.
Bagan/chart
Kelebihan
media bagan adalah dapat menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila
hanya disampaikan secara tertulis atau lisan secara visual. Bagan juga mampu
memberikan butir-butir penting dari suatu presentasi.
3. Grafik
Kelebihan
media Grafik antara lain:
1. Grafik bermanfaat sekali untuk mempelajari dan
mengingat data-data kuantitatif dan hubungan-hubungannya.
2. Grafik dengan cepat memungkinkan kita mengadakan
analisis, interpretasi dan perbandingan antara data-data yang disajikan baik
dalam hal ukuran, jumlah, pertumbuhan dan arah.
3. Penyajian data grafik: jelas, cepat, menarik,
ringkas dan logis.
4. Peta dan Globe
Kelebihan
media peta dan globe antara lain:
1. memungkinkan siswa mengerti posisi dari kesatuan
politik, daerah kepulauan
2. merangsang minat siswa terhadap penduduk dan
pengaruh-pengaruh geografis
3. memungkinkan siswa memperoleh gambaran tentang
imigrasi dan distribusi penduduk, tumbuh-tumbuhan dan kehidupan hewan, serta
bentuk bumi yang sebenarnya.
B. Media Cetakan
Kelebihan
media cetakan antara lain:
1. Siswa dapat belajar dan maju sesuai dengan
kecepatan masing-masing.
2. Di samping dapat mengulangi materi dalam media
cetakan, siswa akan mengikuti urutan pikiran secara logis.
3. Perpaduan teks dan gambar dalam halaman cetak
dapat menambah daya tarik, serta dapat memperlancar pemahaman informasi yang
disaajikan dalam dua format, verbal dan visual.
Kekurangan
media cetakan antara lain:
1. Sulit menampilkan gerak dalam halaman media
cetakan.
2. Biaya pencetakan akan mahal apabila ingin
menampilkan ilustrasi, gambar, atau foto yang berwarna warni.
3. Proses pencetakan media seringkali memakan waktu
beberapa hari sampai berbulan-bulan, tergantung kepada peralatan percetakan dan
kerumitan informasi pada halaman cetakan.
4. Perbagian unit-unit pelajaran dalam media
cetakan harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak terlalu panjang
dan dapat membosankan siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar