Translate

Selasa, 25 Desember 2012

KARAKTERISTIK MEDIA DUA DIMENSI


1.Pengertian Media Dua Dimensi
Media dua dimensi adalah sebutan umum untuk alat peraga yang hanya memiliki  ukuran panjang dan lebar yang berada pada satu bidang datar. Media pembelajaran dua dimensi meliputi media grafis, media bentuk papan, dan media cetak
Media Grafis adalah suatu penyajian secara visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar, tulisan-tulisan atau simbol yang lain dengan maksud untuk menggambarkan dan merangkum suatu ide, data atau kejadian.
Media Bentuk Papan disini terdiri dari papan tulis,papan tempel, papan magnet dan papan flanel..
Media Cetak adalah meliputi bahan-bahan yang disiapkan di atas kertas untuk pengajaran dan informasi yang di hasilkan dari teknologi cetak.
2. Jenis-jenis Media Dua Dimensi
Klasifikasi media dua dimensi terbagi menjadi 3 bagian yaitu Media Grafis, Media Bentuk Papan dan Media Cetak dimana pada masing-masing bagian memiliki bermacam-macam media, meliputi:
1.     Media Grafik
·        Gambar/Foto
·        Sketsa
·        Diagram
·        Bagan/chart
·        Grafik (Graphs)
·        Kartun
·        poster
·        Peta dan Globe
2.     Media Bentuk Papan
·        Papan Tulis
·        Papan Flannel/ Flanel Board
·        Papan Bulletin/ Bulletin Board
·        Papan magnet atau white board atau magnetik board 

3.Media Cetakan
·        Buku Pelajaran
·        Surat kabar dan majalah
·        Teks Terprogram
Ø  Karakteristik Media Dua Dimensi

Ø  Media grafik
1.     Gambar/foto
Gambar/foto disini harus memenuhi 6 syarat supaya dapat dijadikan media pembelajaran yang baik, yaitu
a.     Harus autentik
artinya gambar tersebut haruslah secara jujur melukiskan situasi seperti kalau orang melihat benda sebenarnya.
b.     Sederhana 
artinya komposisisnya hendaklah cukup jelas menunjukkan point-point pokok dalam gambar
.
c.      Ukuran relative
artinya gambar/foto dapat membesarkan atau memperkecil objek/benda sebenarnya.

d.     Gambar/foto sebaiknya mengandung gerak atau perbuatan. Gambar yang baik tidaklah menunjukkan objek dalam keadaan diam tetapi memperlihatkan aktivitas tertentu.
e.      Gambar yang bagus belum tentu baik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Walaupun dari segi mutu kurang, gamabar/foto karya siswa sendiri seringkali lebih baik
f.       Tidak setiap gambar yang bagus merupakan media bagus. Sebagai media yang baik, gambar hendaklah bagus dari sudut seni dan sesuaia dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.








2.     Sketsa
gambar dalam sketsa harus sederhana dan harus melukiskan bagian-bagian pokoknya tanpa detail.
3.     Diagram
Beberapa ciri diagram yang perlu diketahui adalah:
1.     diagram bersifat simbolis dan abstrak sehingga kadang sulit dimengerti.
2.     untuk dapat membaca diagram seseorang harus mempunyai latar belakang tentang apa saja yang didiagramkan.
3.     walaupun sulit dimengerti karena sifatnya yang padat, diagram dapat memperjelas arti.
Diagram yang baik sebagai media pendidikan adalah yang:
1.     benar, digambar rapi, diberi titel, label dan penjelasan- penjelasan yang perlu.
2.     cukup besar dan ditempatkan secara strategis dan
3.     penyusunannya disesuaiakan dengan pola membaca   yang umum: dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.

4.     Bagan/chart
Sebagai media yang baik, bagan haruslah:
1.     dapat dimengerti anak
2.     sederhana dan lugas, tidak rumit atau berbelit-belit dan
3.     diganti pada waktu-waktu tertentu agar selain tetap termasa (up to date) juga tak kehilangan daya tarik.
5.     Grafik (graph)
Sebagai media pendidikan grafik dapat dikatakan baik kalau memenuhi ketentuan sebagai berikut:
1.     Jelas untuk dilihat oleh seluruh kelas.
2.     Hanya menyajikan satu ide setiapa grafik.
3.     Ada jarak/ruang kosong antara kolom-kolom bagiannya.
4.     Warna yang digunakan harus kontras dan harmonis.
5.     Berjudul dan Ringkas
6.     Sederhana.
7.     Mudah dibaca
8.     Praktis, mudah diatur.
9.     Menggambarkan kenyataan.
10. Menarik.
11. Jelas dan tak memerlukan informasi tambahan.
12. Teliti.

6.     Kartun
gambar interpretatif yang menggunakan simbol-simbol dansifatnya mengena, pesan yang besar bisa disajikan secara ringkas dan kesannya akan tahan lama di ingatan.
7.     Poster
Secara umum, poster yang baik adalah:
1.     sederhana
2.     menyajikan satu ide dan untuk mencapai satu tujuan pokok
3.     berwarna
4.     slogannya ringkas dan jitu
5.     tulisannya jelas
6.     motif dan disain bervariasi

8.     Peta dan Globe
secara khusus peta dan globe tersebut memberikan informasi tentang:
1) keadaan permukaan bumi, daratan, sungai-sungai, gunung-gunung dan bentuk-bentuk daratan serta perairan lainnya
2) tempat-tempat serta arah dan jarak dengan tempat  yang lain
3) data-data budaya dan kemasyarakatan seperti misalnya populasi atau pola bahasa/adat istiadat dan
4)  data-data ekonomi, seperti misalnya hasil pertanian, industry atau perdagangan internasional.

Ø  Media Cetakan
media cetak memiliki ciri-ciri materinya tertulis di atas lembaran-lembaran kertas dan merupakan hasil dari teknologi cetak
4.    Kelebihan dan Kekurangan Media Dua Dimensi
A.   Gambar/Foto
Kelebihan media gambar/foto antara lain:
1.     Sifatnya konkrit. Gambar/foto lebih realitas menunjukkan pokok masalah dibandingkan dengan media verbal semata.
2.     Gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu.
3.     Media gambar/foto dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita.
4.     Dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja, sehinggadapat mencegah atau membetulkan kesalahfahaman.
5.     Murah harganya dan gampang didapat serta digunakan tanpa memerlukan peralatan khusus.
Kekurangan media gambar/foto antara lain:
a.  Gambar/foto hanya menekankan persepsi indera mata.
1.     Gambar/foto benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
2.     Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.
2.     Bagan/chart
Kelebihan media bagan adalah dapat menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan secara visual. Bagan juga mampu memberikan butir-butir penting dari suatu presentasi.
3.  Grafik
Kelebihan media Grafik antara lain:
1.     Grafik bermanfaat sekali untuk mempelajari dan mengingat data-data kuantitatif dan hubungan-hubungannya.
2.     Grafik dengan cepat memungkinkan kita mengadakan analisis, interpretasi dan perbandingan antara data-data yang disajikan baik dalam hal ukuran, jumlah, pertumbuhan dan arah.
3.     Penyajian data grafik: jelas, cepat, menarik, ringkas dan logis.

4. Peta dan Globe
Kelebihan media peta dan globe antara lain:
1.     memungkinkan siswa mengerti posisi dari kesatuan politik, daerah kepulauan
2.     merangsang minat siswa terhadap penduduk dan pengaruh-pengaruh geografis
3.     memungkinkan siswa memperoleh gambaran tentang imigrasi dan distribusi penduduk, tumbuh-tumbuhan dan kehidupan hewan, serta bentuk bumi yang sebenarnya.

B.  Media Cetakan
Kelebihan media cetakan antara lain:
1.     Siswa dapat belajar dan maju sesuai dengan kecepatan masing-masing.
2.     Di samping dapat mengulangi materi dalam media cetakan, siswa akan mengikuti urutan pikiran secara logis.
3.     Perpaduan teks dan gambar dalam halaman cetak dapat menambah daya tarik, serta dapat memperlancar pemahaman informasi yang disaajikan dalam dua format, verbal dan visual.
Kekurangan media cetakan antara lain:
1.     Sulit menampilkan gerak dalam halaman media cetakan.
2.     Biaya pencetakan akan mahal apabila ingin menampilkan ilustrasi, gambar, atau foto yang berwarna warni.
3.     Proses pencetakan media seringkali memakan waktu beberapa hari sampai berbulan-bulan, tergantung kepada peralatan percetakan dan kerumitan informasi pada halaman cetakan.
4.     Perbagian unit-unit pelajaran dalam media cetakan harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak terlalu panjang  dan dapat membosankan siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar